Lato-lato Mainan Jadul Yang Viral Kembali

- Selasa, 3 Januari 2023 | 11:58 WIB
Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, saat memainkan lato-lato. (Foto: Tangkapan layar tiktok:@radakasep40)
Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, saat memainkan lato-lato. (Foto: Tangkapan layar tiktok:@radakasep40)

Hulondalo.idLato-lato sebutannya, mainan jaman dulu (jadul) yang kini viral kembali. Tak hanya kalangan anak-anak, bahkan orang dewasa juga makin kegirangan untuk mencoba permainan jadul yang satu ini.

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil misalnya, Gubernur yang biasa disapa Kang Emil itu, tengah asyik memainkan lato-lato bahkan sampai membuat Presiden RI. Joko Widodo, tertawa cengar-cengir, seperti yang terlihat dalam postingan akun TikTok @radakasep40.

Video yang diunggah sekitar 6 hari yang lalu itupun, sudah disukai lebih dari 430.2 ribu kali dan sudah ditonton lebih dari 19.0 juta kali.

Baca Juga: Viral Foto Bocah, Diduga Matanya Pecah kena Lato lato

Lato-lato sendiri, ternyata diberbagai daerah memiliki sebutan masing-masing, di Gorontalo misalnya, Lato-lato dikenal dengan sebutan Nok-Nok.

Permainan dua bola keras yang diikat dan disatukan dengan tali dan dimainkan dengan cara menggoyangkan tangan agar bola itu saling berbenturan, sekilas memang terlihat mudah.

Namun, tidak sedikit pemula yang baru memainkan lato-lato itu, mengalami memar pada anggota tubuh yang terkena bola keras itu.

"Waktu masih anak-anak, pergelangan tangan saya sampai memar karena sering terkena Nok-Nok (lato-lato),"  ungkap Rahmat Z, mengenang masa kecilnya, Selasa (3/1/2023).

Lato-lato sendiri, sebelum marak digunakan menjadi permainan, ternyata terinspirasi dari sebuah senjata khas para Koboi dari negeri Tango, Argentina.

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Red Notice Terbit, Polri Buru Tersangka KSP Indosurya

Selasa, 31 Januari 2023 | 21:45 WIB

Pemkab Pohuwato Hadiri Kajian Akbar Muslimah

Sabtu, 28 Januari 2023 | 20:41 WIB

Banjir Melanda Manado, Ketinggian Air Capai 3 Meter

Sabtu, 28 Januari 2023 | 10:01 WIB
X