Tak Hanya Fokus Pengembangan Ekonomi, Ranperda RTRW juga Seriusi Pelestarian Lingkungan

- Senin, 18 September 2023 | 14:17 WIB
Pansus RTRW DPRD Provinsi Gorontalo saat berkunjung ke kantor Dinas Pertamanan Dan Hutat Kota DKI Jakarta. (Atun)
Pansus RTRW DPRD Provinsi Gorontalo saat berkunjung ke kantor Dinas Pertamanan Dan Hutat Kota DKI Jakarta. (Atun)

Hulondalo.id – Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) tentang Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Provinsi Gorontalo tidak hanya fokus pada pengembangan ekonomi.

Ranperda RTRW ini menurut Ketua Panitia Khusus (Pansus) III DPRD Provinsi Gorontalo La Ode Haimudin juga akan menseriusi pada sektor pelestarian lingkungan.

DKI Jakarta kata La Ode Haimudin merupakan Daerah yang memiliki permasalahan kompleks terkait dengan tata ruang dan itu juga alasan Pansus RTRW DPRD Provinsi Gorontalo dapat melakukan studi didaerah tersebut.

Baca Juga: Pansus RTRW Bertandang ke Kementerian ATR/BPN, La Ode: Pembahasan Teknis Sudah Selesai

Bersama Ketua DPRD Provinsi Gorontalo Paris Jusuf, Pansus RTRW DPRD Provinsi Gorontalo mengunjungi kantor Dinas Pertamanan Dan Hutan (Distamhut) Kota DKI Jakarta.

Rombongan Pansus RTRW kata La Ode Haimudin, diterima Kepala Seksi Taman Kota Distamhut Kota DKI Jakarta Muhamad Ali.

"Kami distudi disini karena permasalahan Jakarta ini sangat kompleks. Kita belajar dari masalah yang kompleks, jadi akan lebih mudah kita mencari solusi masalah lingkungan yang ada Provinsi Gorontalo," ungkap La Ode dalam wawancara Sabtu, 16 September 2023.

La Ode Haimudin juga menjelaskan bahwa, setelah Ranperda RTRW ditetapkan dan telah ditindak lanjuti dalam pembuatan masterplannya, Ruang Terbuka Hijau (RTH) jadi sasaran Pansus RTRW untuk mewujudkanya di Provinsi maupun Kabupaten/Kota Gorontalo.

"Insya allah kita akan coba lebih mantapkan lagi di Provinsi Gorontalo maupun di Kabupaten/Kota tentang ketersediaan ruang untuk terbuka hijau ini," kata La Ode.

Dia juga mengatakan bahwa, untuk Provinsi Gorontalo sendiri terdapat banyak hutan yang dapat dijadikan sasaran untuk RTH, namun masih perlu reboisasi.

"Ruang Terbuka Hijau untuk diwilayah Kota, termasuk daerah kita ini, seperti Bone Bolango sudah hutan, Limboto kearah GORR sana sudah hutan, mungkin yang lebih perlu yakni masalah reboisasi, tentang peran siapa itu? nanti kita akan jabarkan lebih lanjut, " tandasnya.

Sementara itu, Kepala Seksi Taman Kota bidang Pertamanan dan Hutan Kota DKI Jakarta Muhamad Ali mengatakan, nantinya RTH akan menjadi salah satu panduan untuk Provinsi Gorontalo dalam merencanakan RTH yang lebih baik.

"Bagaimana kami membuat masterplan RTH DKI Jakarta, kemudian dengan pengolahan RTH itu seperti apa, yang ditanyakan oleh tim pansus yang artinya yang saya harapkan juga kami harapkan disini adalah RTH ini menjadi salah satu kunci penting suatu kota, " ungkap Muhamad Ali.

"Artinya lingkungan kota itu akan menjadi sangat bagus, sangat nyaman, indah apabila RTH nya juga bagus. Artinya mudah-mudahan akan tercapai dengan peraturan tersebut, " sambungnya.*

Halaman:

Editor: Maman Uloli

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Festival Kota Tua Terus Dimatangkan Pemkot Gorontalo

Selasa, 3 Oktober 2023 | 06:25 WIB

Wali Kota Gorontalo Launching Aplikasi Srikandi

Senin, 2 Oktober 2023 | 15:36 WIB

PGP Jamin Rumah Layak Huni Bagi Karyawannya

Sabtu, 30 September 2023 | 13:14 WIB

55 PAUD Swasta di Gorontalo Utara Beralih Jadi Negeri

Jumat, 29 September 2023 | 14:09 WIB
X