Aman Menyetir di Malam Hari, Begini Caranya

- Sabtu, 7 Januari 2023 | 17:09 WIB

Hulondalo.id - Menyetir mobil di malam hari lebih berbahaya di bandingkan saat pagi atau siang hari. Pasalnya, keadaan gelap dan minim penerangan membatasi jarak pandang Anda sebagai pengemudi. Apalagi, menyetir mobil di malam hari sering kali membuat Anda harus melewati kondisi jalanan sepi, sehingga orang-orang di sekitar tidak waspada. Kondisi itu juga seringkali membuat kewaspadaan pengemudi menurun dan mengendarai kendaraan dengan mereka sesuka hati. Agar bisa sampai tujuan dengan aman dan selamat, maka pastikan Anda membawa mobil di malam hari dengan hati-hati. Buat membantu Anda agar aman menyetir di malam hari, mari simak sumber detail berikut:

Pastikan Diri Selalu Fokus dan Tubuh dalam Kondisi Fit

Hal paling utama saat membawa mobil dalam kondisi gelap adalah memastikan tubuh dalam kondisi yang benar-benar fit. Sehingga, Anda bisa fokus menyetir dan memiliki energi yang cukup untuk mengemudi dengan aman dan selamat. Jika kondisi tubuh Anda sedang tidak fit, maka jangan memaksakan diri untuk menyetir, terutama di malam hari. Sebaiknya istirahatkan diri terlebih dahulu agar kondisi tubuh segar kambali baru bisa menyetir, atau jika benar-benar harus bepergian gunakan jasa sopir atau berkendara dengan bantuan orang lain. Sementara itu, jika Anda yang merasa kelelahan dan masih harus menyetir di malam hari maka pertimbangkan baik-baik. Jika tubuh memang sedang merasa sangat lelah dan sulit berkonsentrasi maka hindari menyetir.

Waspada dengan Kondisi Sekitar

Awasi setiap pergerakan yang ada di sekitar Anda. Rajin-rajin mengecek kaca spion di samping dan juga di tengah. Pastikan kaca spion dalam kondisi bersih sehingga pandangan Anda tidak terganggu. Dengan cara ini, Anda bisa lebih waspada dengan keadaan di sekitar jalan seperti pesepeda, pejalan kaki, hewan melintas, dan hal lainnya. Terkadang banyak hewan yang luput tak terlihat di mata ketika malam hari dan membuat si pengendara gugup dan berusaha menghindarinya. Menghindar secara tiba-tiba tersebut justru berpotensi menimbulkan kecelakaan.

Pastikan Semua Komponen Mobil Berfungsi Baik

Sebelum melakukan perjalanan di malam hari, cek kondisi komponen mobil secara menyeluruh. Pastikan semua komponen mobil berfungsi baik, terutama lampu depan, demi memberikan visibilitas yang maksimal di malam hari.

Jaga Kecepatan

Jaga kecepatan tetap rendah selama berkendara di malam hari. Dengan kecepatan yang rendah maka akan jauh lebih mudah untuk mengendalikan arah dan posisi kendaraan. Kondisi ini juga akan memudahkan Anda untuk berhenti jika sewaktu-waktu ada kendaraan atau objek lain yang menghalangi laju kendaraan atau bisa jadi ban selip karena kondisi jalan yang licin. Banyak orang memilih berkendara dengan kecepatan tinggi di waktu malam karena kondisi jalanan sepi, padahal kondisi ini sangat berbahaya karena bisa menimbulkan kecelakaan. Karena itu, usahakan menjaga laju kendaraan tetap rendah apapun situasi jalanan yang dilalui.

Selalu Jaga Jarak

Sebaiknya selalu menjaga jarak dengan kendaraan lain baik di depan maupun di belakang saat menyetir mobil di malam hari, terutama dalam kondisi macet. Jaga jarak dilakukan demi menjaga kondisi kendaraan tetap aman selama melaju di jalanan. Dengan menjaga jarak, maka Anda akan lebih leluasa mengendalikan mobil dan mengurangi risiko terjadinya kecelakaan di tol atau di jalanan biasa.

Proteksi Kendaraan dengan Asuransi Mobil

Sebagai pemilik kendaraan, tentu Anda sadar pentingnya memiliki https://id.wikipedia.org/wiki/Asuransi_kendaraan. Sebab, asuransi kendaraan bisa menanggung beragam biaya tidak terduga yang dialami kendaraan mulai dari lecet, kaca pecah, mesin rusak, cat pudar, mesin mogok, dirusak oleh orang lain, hingga fenomena atau bencana alam. Sebelum mendapatkan manfaat dari produk perlindungan tersebut, sebaiknya Anda pahami jenis-jenis asuransi mobil, yaitu asuransi allrisk dan Total Loss Only (TLO). Asuransi mobil All Risk akan membayar klaim untuk semua jenis kerusakan, baik ringan hingga berat, serta kehilangan dalam kecelakaan lalu lintas. Sementara itu, asuransi Total Loss Only (TLO) hanya menjamin risiko akibat pencurian dan kerusakan jika biaya perbaikan diperkirakan sama dengan atau melebihi 75% dari harga kendaraan sesaat sebelum kerugian. Premi asuransi All Risk umumnya lebih mahal dari TLO karena memberikan manfaat yang lebih lengkap. Sedangkan premi asuransi TLO relatif lebih murah daripada premi asuransi mobil All Risk. Buat lebih jelasnya mengenai asuransi mobil All Risk dan TLO, bisa mengetahuinya di link berikut https://www.youtube.com/watch?v=B2TtCPaQRVQ&themeRefresh=1. Itulah beberapa langkah agar aman menyetir di malam hari. Semoga Anda senantiasa diberikan keamanan dan perlindungan dalam perjalanan!. (HL)

Editor: Administrator

Tags

Terkini

Red Notice Terbit, Polri Buru Tersangka KSP Indosurya

Selasa, 31 Januari 2023 | 21:45 WIB

Pemkab Pohuwato Hadiri Kajian Akbar Muslimah

Sabtu, 28 Januari 2023 | 20:41 WIB
X