Pemkab Pohuwato Studi Tiru Pembibitan Jagung di Sulsel

- Selasa, 6 Desember 2022 | 10:34 WIB
Studi tiru Pemkab Pohuwato di Kabupaten Maros, Sulsel.
Studi tiru Pemkab Pohuwato di Kabupaten Maros, Sulsel.

Hulondalo.id - Pemerintah Kabupaten Pohuwato, melakukan studi tiru di Balai Penelitian Tanaman Serealia, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan, Senin (05/12/2022).

Kunjungan tersebut disambut oleh Kepala Balai Penelitian Tanaman Serealia, Dr. Amin Nur,SP.,M.Si bersama Wakil Direktur UPBS, Fauziah Koes, SP.,MP, Koordinator Jasa Penelitian, Rahmi Yuliani Arfan,SP.,M.Si, Tim Peneliti, Ir. Fardiana Tabri, MP, Tim Peneliti, Jurniarsih SP.,M.Si.

Menurut Bupati Saipul, agenda kali ini dalam rangka pembelajaran pembibitan jagung dan akan dikembangkan di Kabupaten Pohuwato nantinya.

“Kami ingin belajar dan meniru apa-apa yang ada di sini (Balai) yang kemudian insya Allah bisa kita kembangkan bersama terutama melatih para petani yang ada di Pohuwato," kata Bupati.

Mengenai geografis Pohuwato jelas Bupati tidak perlu dipaparkan, karena Kepala Balai Penelitian Tanaman Serealia, Maros ini pernah menjadi kepala balai di Gorontalo.

“Bahkan Pak Amin masih bertugas di Gorontalo kami pernah berkunjung ke balai di Gorontalo, sehingga seperti apa Pohuwato sudah dikenal lebih luas,” ungkap Saipul.

“Kami kaget melihat pak Amin, ternyata sudah menjadi kepala balai di Kabupaten Maros yang selama dua tahun lebih bertugas di Gorontalo. Terima kasih atas penerimaannya, semoga kunjungan ini akan bermanfaat bagi daerah kami," timpal Bupati.

Terpisah, Kadis Pertanian Pohuwato, Kamri Alwi menambahkan, pihaknya berencana untuk pengembangan penangkaran jagung. Tujuan tersebut sangat baik, karena ketika petani akan dilatih dan jadi penangkar maka mereka bisa memproduksi benih sendiri.

“Karena sudah pernah dilakukan uji coba oleh Balai Penelitian Penerapan Teknologi Gorontalo kerja sama dengan PT. Twins bahwa daerah kita boleh dan bagus," jelasnya.

Kamri Alwi mengatakan lagi, Kabupaten Maros merupakan balai penelitian untuk pengembangan penangkaran jagung dan juga sebagai sumber benih.

“Kita akan tindaklanjuti dengan MoU. Ini dalam rangka memudahkan petani untuk memenuhi kebutuhan benih. Berikutnya kita akan bekerja sama untuk melatih petani jadi penangkar benih," pungkasnya. (azhar/adv)

Editor: Muhamad Azhar Badiu

Tags

Terkini

Red Notice Terbit, Polri Buru Tersangka KSP Indosurya

Selasa, 31 Januari 2023 | 21:45 WIB

Pemkab Pohuwato Hadiri Kajian Akbar Muslimah

Sabtu, 28 Januari 2023 | 20:41 WIB
X