Mahasiswa KKN UNG 2022 Desa Tongidon Sukses Ubah Pola Pikir Masyarakat jadi Lebih Baik

- Kamis, 1 Desember 2022 | 20:32 WIB
Foto bersama para mahasiswa peserta KKN Tematik UNG Desa Tongidon, Kecamatan Walea Besar, Kabupaten Tojo Una-Una dengan DPL, Buyung Rahmad Machmoed ST, M.Eng.
Foto bersama para mahasiswa peserta KKN Tematik UNG Desa Tongidon, Kecamatan Walea Besar, Kabupaten Tojo Una-Una dengan DPL, Buyung Rahmad Machmoed ST, M.Eng.

Hulondalo.id - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Universitas Negeri Gorontalo (UNG), benar benar memanfaatkan kegiatan KKN untuk merubah pola pikir masyakarat menjadi lebih baik. Hal ini sejalan dengan cita-cita institusi agar para mahasiswa mampu terlibat aktif dalam berdialog secara intensif dengan masyarakat. Seperti yang dilakukan oleh mahasiswa peserta KKN Tematik di Desa Tongidon, Kecamatan Walea Besar, Kabupaten Tojo Una-Una, Provinsi Sulawesi Tengah. Selama 45 Hari sejak tanggal 3 Oktober - 18 November 2022, para mahasiswa ini sukses mendorong pemerintah desa setempat, serta Karang Taruna dalam mengeluarkan ide-ide Program Inovasi Desa (PID) yang berkualitas. "Selain kegiatan tersebut beberapa kegiatan yang dilaksanakan bersama masyarakat desa seperti pentas seni dan olahraga, dan beberapa kegiatan lainnya," ujar Koordinator Desa, Rafif Akbar Riskullah. Sementara itu, Dosen Pembimbing Lapangan (DPL), Buyung Rahmad Machmoed ST, M.Eng menjelaskan, KKN Tematik merupakan kegiatan intrakulikuler yang memadukan pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi, dengan metode pemberian pengalaman belajar dan bekerja kepada mahasiswa dalam kegiatan pemberdayaan masyarakat. KKN Tematik ini tidak hanya berorientasi pada alih pengetahuan (transfer of knowledge) kepada masyarakat dan pembelajaran pemberdayaan masyarakat, tetapi juga menanamkan kesadaran (nilai-nilai baru), mencerdaskan masyarakat dengan memperkenalkan pikiran-pikiran kritis kepada masyarakat, dalam rangka membangun komunitas (desa) yang lebih partisipatif dan berpihak pada kelestarian lingkungan hidup. "Pelaksanaan program KKN tematik ini diharapkan mampu merubah pola pikir masyarakat menjadi masyarakat yang mandiri, tertib, bersih dan membina kedisplinan dalam etos kerja dan gotong royong," harapnya (HL)

Editor: Administrator

Tags

Terkini

Red Notice Terbit, Polri Buru Tersangka KSP Indosurya

Selasa, 31 Januari 2023 | 21:45 WIB

Pemkab Pohuwato Hadiri Kajian Akbar Muslimah

Sabtu, 28 Januari 2023 | 20:41 WIB
X