IRT dari Marisa Ini Terancam 7 Tahun Penjara, Diduga Curi Emas 300 Gram

- Selasa, 1 November 2022 | 15:12 WIB
Kasubbid Penmas Bidang Hubungan Masyarakat Polda Gorontalo, AKP Henny M. Rahayu saat menggelar konferensi pers dugaan pencurian emas. (foto:istimewa)
Kasubbid Penmas Bidang Hubungan Masyarakat Polda Gorontalo, AKP Henny M. Rahayu saat menggelar konferensi pers dugaan pencurian emas. (foto:istimewa)

Hulondalo.id - ZH alis Zainab (28) IRT harus mempertanggung jawabkan perbuatannya. Pasalnya, warga Marisa Kabupaten Pohuwato itu, diduga telah mencuri emas seberat 300 gram. Dengan nilai sekitar Rp207.000.000.000. Ironinya, ZH melakukan aksinya saat dirinya hamil anak ke tiga, dengan usia kandungan tujuh bulan. Kasubbid Penmas Bidang Hubungan Masyarakat Polda Gorontalo, AKP Henny M. Rahayu mengatakan, pencurian terjadi pada Sabtu 29 Oktober 2022, di Desa Tuladenggi, Kecamatan Telaga Biru, Kabupaten Gorontalo diperkirakan sekitar pukul 18.30 sampai dengan 21.00 WITA. "Dalam kasus ini, pelaku berpura-pura masuk ke dalam rumah milik korban yakni SH, untuk buang air besar. Setelah berada di dalam kamar ZH langsung membuka lemari SH. ZH melihat emas dan langsung mengisi barang emas ke dalam tas," terang Henny, Selasa (01/11/2022). Sementara itu, Panit 1 Subbid 3 Ditreskrimum Polda Gorontalo, Faisal Ariyoga Anastasius Harianja SIK menuturkan, berdasarkan keterangan saksi-saksi, saat itu korban sedang menyelenggarakan pesta ulang tahun anaknya di rumah korban. "Pelaku bukan tamu undangan, dirinya mengetahui pesta tersebut dari live atau siaran langsung dari korban," ujar Faisal. Setibanya di lokasi, pelaku berbaur dengan tamu undangan dan sempat menyapa korban. Setelah itu salah satu keluarga korban melihat ZH melintas di depan kamar korban. Sambil berpura-pura sedang memperbaiki pakaian dalam yang digunakan pelaku. "Setelah melihat kondisi sekitar, pelaku langsung masuk kamar korban dan langsung membuka lemari. Pelaku langsung mengambil barang emas serta kotak berwarna merah dan langsung di masukan ke dalam tas pelaku," terang Faisal. Lanjut Faisal, korban mengetahui barangnya hilang saat membuka lemari. Korban pun langsung melaporkan kejadian tersebut di Polda Gorontalo. Mendapat laporan tersebut, Resmob Ditreskrimum dan tim inafis Polda Gorontalo langsung datang dan melakukan olah TKP serta mencari keberadaan pelaku. "Pelaku diamankan pada Minggu pagi tanggal 30 Oktober 2022, di depan city mall Gorontalo dan langsung dibawa ke Polda Gorontalo untuk diproses lebih lanjut," ungkap Faisal. Ia menambahkan, sebelumnya pelaku telah melakukan hal yang sama. Dimana pelaku mengincar korban yang sedang melakukan acara ulang tahun. "Pelaku sebelumnya mencuri uang senilai Rp 40.000.000 di Desa Hulawa, Kecamatan Telaga, Kabupaten Gorontalo," beber Faisal. "Dalam kasus ini pelaku diancam Pasal 363 ayat 1 ke 3 KUHPidana tentang pencurian dengan hukuman 7 tahun penjara. Ada pun barang bukti berupa 4 buah kalung emas, 12 buah gelang emas 9 buah cincin emas 1 buah anting-anting, 2 lembar nota pembelian emas, 1 buah tas plastik warna hitam, 1 kotak merah, serta 1 buah tas warna hitam," tutup Faisal. (HL)

Editor: Sumiyati T Kilo

Tags

Terkini

Red Notice Terbit, Polri Buru Tersangka KSP Indosurya

Selasa, 31 Januari 2023 | 21:45 WIB

Pemkab Pohuwato Hadiri Kajian Akbar Muslimah

Sabtu, 28 Januari 2023 | 20:41 WIB

Banjir Melanda Manado, Ketinggian Air Capai 3 Meter

Sabtu, 28 Januari 2023 | 10:01 WIB
X