IETPD Bone Bolango Tempati Peringkat 15 Nasional, Hamim Mengaku Belum Puas

- Kamis, 28 Juli 2022 | 22:47 WIB
Bupati Bone Bolango Hamim Pou saat menghadiri High Level Meeting TP2DD. (F.Onal/Prokopim)
Bupati Bone Bolango Hamim Pou saat menghadiri High Level Meeting TP2DD. (F.Onal/Prokopim)

Hulondalo.id - Indeks Elektronifikasi Transaksi Pemerintah Daerah (IETPD) Kabupaten Bone Bolango mencapai 92.2 persen. Capaian ini menempatkan Bone Bolango berada di peringkat 15 Nasional.

Meski begitu, capaian tersebut tak membuat Hamim langsung berpuas diri, dan menargetkan capaian transaksi digitalisasi di daerah lebih meningkat.

Bahkan target Hamim, hanya dalam jangka waktu 2 bulan transaksi digital itu bisa mencapai 100 persen.

"Saya minta pak Sekda dan seluruh OPD di bulan September itu capaian ETPD bisa 100 persen, atau 98-99 persen. Target di Sulawesi, Maluku, Papua kita peringkat 1," ujar Hamim Pou saat menghadiri High Level Meeting Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (TP2DD) di Gedung Bank Indonesia, Kamis (28/7/2022).

Target tersebut diakui Hamim memang agak berat. Sebab, di tengah kecilnya sumber pendapatan daerah, Hamim juga harus dihadapkan untuk bertransformasi ke transaksi digital.

Namun, Hamim optimis hal ini bisa dilakukan  jika seluruh OPD bersama-sama berkomitmen dan bersungguh-sungguh untuk bertransformasi menjadikan seluruh transaksi menjadi transaksi yang terdigitalisasi.

"Masa kita kalah dengan Majene dan Polewali Mandar. Padahal dari segi infrastruktur digitalisasi kita tak jauh beda dengan mereka. Pak sekda dan OPD siap ya. Minimal 96 persen bolehlah, " ucap Hamim.

Olehnya kata Hamim, dalam mewujudkannya ada 4 poin yang harus ditindaklanjuti dalam forum ini. Yakni, mengidentifikasi isu strategis, sosialisasi secara masif, pemberian insentif bagi yang melakukan transaksi digital serta kolaborasi dari multi pihak dalam percepatan digitalisasi di Bone Bolango.

"Capaian kita sekarang sudah yang terbaik diantara Kabupaten, bahkan dengan Kota Gorontalo posisi kita masih di atas. Namun ini harus ditingkatkan lagi. Diharapkan seluruh OPD untuk lebih serius lagi dalam mewujudkan percepatan dan perluasan digitalisasi di Bone Bolango, " tandasnya.(Jeff/Adv)

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Terkini

Red Notice Terbit, Polri Buru Tersangka KSP Indosurya

Selasa, 31 Januari 2023 | 21:45 WIB

Pemkab Pohuwato Hadiri Kajian Akbar Muslimah

Sabtu, 28 Januari 2023 | 20:41 WIB

Banjir Melanda Manado, Ketinggian Air Capai 3 Meter

Sabtu, 28 Januari 2023 | 10:01 WIB
X