Dalih Perdata Sering Jadi Modus Penipuan

- Kamis, 25 Juli 2019 | 09:32 WIB
ilustrasi. (sumber  vocfm.co)
ilustrasi. (sumber vocfm.co)

-
ilustrasi. (vocfm.co)

Hulondalo.id - Kalangan awam berpendapat, persoalan hutang piutang tak layak diadukan secara pidana. Dengan dalih wan prestasi, menurut mereka kasus hutang piutang lebih condong ke persoalan perdata. Bagaimana tanggapan praktisi hukum soal ini?.

-
Salahudin Pakaya

"Memang tidak semua hubungan kontraktual menjurus pidana. Hanya saja, banyak yang menyalahgunakan hubungan perdata ini sebagai modus operandi kasus penipuan," kata praktisi hukum Salahudin Pakaya

Perlu dingat, sebuah perbuatan pidana ada dua unsur penting, yakni Actus Reus (perbuatan yang melanggar undang-undang pidana) dan mens rea (sikap batin pelaku ketika melakukan tindak pidana).

Nah, artinyaa menurut Salahudin kalau ditarik ke persoalan hutang piutang, jika si peminjam dana (debitur) tidak menggunakan dana tersebut sesuai peruntukannya, contoh pinjam untuk usaha tapi digunakan untuk konsumsi dan debitur gagal membayar, maka itu sudah menjadi bukti persangkaan bahwa debitur berniat menipu pemberi pinjaman (kreditur).

Secara khusus, mengenai perjanjian utang-piutang sebagai perbuatan pinjam-meminjam diatur dalam Pasal 1754 KUH Perdata.

Dalam pasal 1320 Kitab Undang undang Hukum Perdata, ada empat syarat (kumulatif) yang diperlukan agar suatu dikatakan sah secara hukum.

1. Sepakat mereka yang mengikatkan dirinya, 2. Kecakapan untuk membuat suatu perikatan, 3. Suatu hal tertentu, 4. Suatu sebab yang halal.

Apa Itu Penipuan?

Penipuan adalah perbuatan sebagaimana diatur dalam ketentuan Pasal 378 KUHP pada Bab XXV tentang Perbuatan Curang. Bunyi selengkapnya Pasal 378 KUHP adalah sebagai berikut :

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Terkini

Red Notice Terbit, Polri Buru Tersangka KSP Indosurya

Selasa, 31 Januari 2023 | 21:45 WIB

Pemkab Pohuwato Hadiri Kajian Akbar Muslimah

Sabtu, 28 Januari 2023 | 20:41 WIB

Banjir Melanda Manado, Ketinggian Air Capai 3 Meter

Sabtu, 28 Januari 2023 | 10:01 WIB
X