Banyak Proyek Lama Diselamatkan di era Rusli 

- Jumat, 24 Mei 2019 | 21:05 WIB
PLTU Anggrek. sumber : Humasprov Gorontalo
PLTU Anggrek. sumber : Humasprov Gorontalo

-
PLTU Anggrek. sumber : Humasprov Gorontalo

Hulondalo.id - Tidak sedikit proyek di Gorontalo yang tidak selesai di pemerintahan sebelumnya, nanti berhasil dituntaskan di zaman Rusli Habibie. Ironisnya, bukannya malah diapresiasi, upaya sang Gubernur Gorontalo itu justru menjadi materi serangan secara politik.

"Menurut pak Gub (Rusli Habibie,red) tak perlu mengaku-ngaku. Biarlah rakyat yang menilai siapa yang berkarya, dan siapa yang hanya banyak bicara. Toh, ujung ujungnya untuk kepentingan rakyat banyak juga," kata Noval Abdussamad Jubirsus Gubernur Gorontalo, kala berbincang dengan hulondalo.id

Sebut saja PLTU Anggrek. Kata Noval, Proyek rintisan pemerintahan mantan Gubernur Fadel Muhamad yang mulai dikerjakan tahun 2012 itu, sempat akan diputus kontraknya karena daerah dianggap tak sanggup menuntaskan pembebasan lahan.

Padahal, kala itu rakyat Gorontalo sedang berteriak krisis listrik. Pemadaman bergilir terpaksa dilakukan, karena pembangkit yang ada tidak mampu lagi memenuhi kebutuhan industri maupun rumahan.

Kalau hanya menuruti egonya, pasti rakyat yang merugi. Apalagi jika Rusli kaitkan dengan persoalan politik antara dia dengan Fadel Muhamad.

Tapi lagi lagi Rusli membesarkan hatinya, dan terus berupaya untuk tidak mencampuradukan persoalan nasib rakyat dengan masalah politik.

Ibarat minum obat, walaupun pahit tetap ditelan karena mau ingin sembuh dari sakit. Buktinya, jika Rusli kalah cepat menemui Dirut PLN Nur Pamuji kala itu, proyek PLTU 2 x 25 Mega Watt tersebut dialihkan ke Kalimantan.

Bahkan gubernur Kalimantan sudah memaparkan dan menjamin daerahnya sangat siap terutama soal pembebasan lahan.

"Alhamdulillah pak Rusli mampu meyakinkan kembali Dirut PLN kala itu sehingga PLN pusat bersedia melanjutkan proyek PLTU Anggrek hingga saat ini," tutup Noval. (**)

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Terkini

Red Notice Terbit, Polri Buru Tersangka KSP Indosurya

Selasa, 31 Januari 2023 | 21:45 WIB

Pemkab Pohuwato Hadiri Kajian Akbar Muslimah

Sabtu, 28 Januari 2023 | 20:41 WIB

Banjir Melanda Manado, Ketinggian Air Capai 3 Meter

Sabtu, 28 Januari 2023 | 10:01 WIB
X