
Hulondalo.id - Pemerintah Provinsi Gorontalo melalui Dinas Pariwisata secara resmi memperkenalkan kepada publik branding baru pariwisata Gorontalo hari ini, Kamis (21/2/2019).
Pada branding baru pariwisata Gorontalo ini mengusung tema Keragaman Hayati, Budaya dan Etos Kerja yang Tinggi. Dinas Pariwisata Provinsi Gorontalo menyuguhkan grafis sederhana yang mudah diingat.
Pada branding baru pariwisata Gorontalo terdapat 4 warna warna "Tilabataila" yang merupakan adat Gorontalo, yakni merah, kuning, hijau dan ungu. Sedangkan grafis utamanya merupakan turunan burung julang sulawesi (Aceros Cassidix), yakni spesies burung endemik Sulawesi yang masih banyak ditemukan di hutan primer dan sekunder Gorontalo.

Sementara di bawah gratis Julang Sulawesi terdapat tulisan "Gorontalo the Heart of Celebes". Itu merupakan sebuah ungkapan yang menegaskan bahwa Gorontalo sebagai "ibu" dari pulau Sulawesi.
"burung julang sulawesi dipilih karena menjadi burung paling cantik dari semua burung rangkong di Indonesia yang berjumlah 13 jenis. Burung ini juga dikenal sebagai pasangan yang setia," kata Kepala Bidang Pemasaran, Dinas Paraiwisata Provinsi Gorontalo, Ivon Reane Larekeng, seperti dikutip pada humas Gorontalo yang disadur dari genpi.co.
Bagi kepercayaan masyarakat lokal, kata Ivon, burung tersebut juga dikenal sebagai burung raja yang perkasa. Selain itu, burung ini juga dikenal sebagai penolak bala sekaligus memiliki energi positif pada kehidupan alam, kata Ivon.
"Dengan sifat-sifat baik dan keunikan inilah, Gorontalo mengambil julang sulawesi sebagai brand pariwisatanya. Brand ini selanjutnya akan menjadi logo resmi pemerintah daerah untuk mendukung salah satu program unggulan yakni pariwisata Gorontalo yang lebih mendunia," pungkasnya.(usman)