30 Laporan dugaan Pelanggaran Pemilu di Bawaslu. Ini Daftarnya !!

- Sabtu, 22 Desember 2018 | 13:11 WIB
Jaharudin Umar  Ketua Bawaslu Provinsi Gorontalo
Jaharudin Umar Ketua Bawaslu Provinsi Gorontalo

-
Jaharudin umar
Ketua Bawaslu Provinsi Gorontalo

Hulondalo.id- Jelang akhir tahun 2018, Badan Pengawas Pemilu Provinsi Gorontalo, sedikitnya telah menerima 30 laporan perkara dugaan pelanggaran pemilu. Hal tersebut diungkapkan, Ketua Bawaslu Provinsi Gorontalo Jaharudin umar, Kamis (20/12) kepada Hulondalo.id, saat menghadiri sidang DKPP Boalemo di kantor KPU Provinsi Gorontalo.

Kepada Hulondalo.id, Jaharudin umar mengatakan, sampai dengan tanggal 15 Desember 2018, Bawaslu Provinsi Gorontalo sedikitnya, telah menangani temuan laporan dugaan pelanggaran pemilu sebanyak 30 temuan.

Yang terdiri dari masing-masing, 11 laporan temuan dugaan pelanggaran tindak pidana, 11 laporan temuan dugaan pelanggaran administrasi, 4 laporan pelanggaran yang terkait dengan kode etik dan 4 dugaan pelanggaran hukum lainnya.

Semua hal, yang termasuk laporan dugaan pidana, administrasi, kode etik, dan laporan hukum lainnya sudah ditangani. Adapun untuk perkara administratif, sudah dua perkara yang telah diberikan putusan oleh Bawaslu Provinsi Gorontalo, masing-masing di Kabupaten Boalemo dan Gorontalo Utara.

Menurut Jaharudin umar, untuk mewujudkan pemilu 2019, pelanggaran pemilu harus bisa di minimalisir, sebab jika ditemukan masih banyak pelanggaran, maka akan mempengaruhi kualitas Pemilu itu sendiri.

Sehingga, tugas Badan Pengawas Pemilu adalah melakukan pencegahan atas pelanggaran-pelanggaran yang terjadi, yakni dengan melakukan sosialisasi dan koordinasi, baik Pemerintah, penyelenggara pemilu, maupun peserta pemilu, agar pelanggaran pemilu dapat di minimalisir, tegasnya.

Jaharudin umar berharap, untuk penyelenggaran pemilu 2019 nanti, harus dilaksanakan dengan sukses, berintegritas, dan bermartabat, tutup Jaharudin umar. (Hl/rto)

Editor: Administrator

Tags

Terkini

Tak Ada Kata Damai di Sidang Diversi AG

Rabu, 29 Maret 2023 | 05:05 WIB
X