Hadapi Nataru, Mampukah TPID Tahan Laju Inflasi Gorontalo di Desember 2022

- Senin, 12 Desember 2022 | 21:57 WIB
High level meeting, TPID se Provinsi Gorontalo di Balroom Kpw BI Gorontalo, 12 Desember 2022.
High level meeting, TPID se Provinsi Gorontalo di Balroom Kpw BI Gorontalo, 12 Desember 2022.

Hulondalo.id - Angka Inflasi Provinsi Gorontalo berada dalam kisaran 5,41% (yoy), terpaut tipis dibanding inflasi nasional yakni 5,42% (yoy).

Angka itu diprediksi masih akan terakselerasi, seiring potensi kenaikan permintaan bahan pokok memasuki Natal dan tahun baru (Nataru).

Hal ini dibahas intens di high level meeting (HLM 2022), bersama Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) provinsi hingga kabupaten/kota, Senin (12/12/2022).

Baca Juga: Harga Komoditas Naik, Tapi Nilai Tukar Petani Belum Tembus 100 Persen, ini Sebabnya

Meski inflasi (yoy) cukup tinggi, Kepala BPS">BPS Provinsi Gorontalo Mukhamad Mukhanif menyebut kinerja bulanan Gorontalo masih lebih baik dibanding nasional.

Karena Gorontalo minus 0,05%, sedangkan nasional ada di angka 0,09%. Padahal di waktu bersamaan ada pemicu inflasi yakni kenaikan harga BBM.

Meski begitu tetap harus diwaspadai. Karena biasanya Desember trennya naik.

"strategis sekali apa yang diupayakan hari ini, untuk berkoordinasi sehingga nanjaknya (inflasi) tidak terlalu tinggi," ungkapnya.

"tahun ini kita lebih tinggi (inflasi). Tapi mudah mudahan tingginya tidak sampai daya beli (masyarakat) turun," imbuhnya.

Sementara itu, Kepala perwakilan BI Gorontalo Ronny Widijarto memberikan apresiasi terhadap kinerja Pemprov Gorontalo dalam upaya mengendalikan inflasi.

Senada dengan kepala BPS">BPS, Ronny juga mengingatkan soal inflasi di Desember 2022, yang secara siklus mengalami peningkatan di minggu terakhir.

"strategi jangka pendeknya, bagaimana kelancaran distribusi barang dan harga itu kita kawal," ujar Ronny.

Dirinya mengaku beberapa waktu lalu sempat khawatir dengan lonjakan inflasi pangan, namun operasi pasar yang konsisten dilakukan Pemprov Gorontalo, mampu menekan itu.

Diakui Ronny menjaga inflasi ditengah upaya mendorong ekonomi untuk naik, bukan kerja mudah.

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Hobi Bisa Menghasilkan Cuan, Berikut Tipsnya!

Kamis, 29 September 2022 | 14:58 WIB

Go Public Tak Harus Menunggu Perusahaan Jadi Besar

Senin, 19 September 2022 | 12:46 WIB
X