Global Director PT Mayora Group Bocorkan 3 Kunci Sukses Cara Penetrasi Konsumen, Cocok untuk Semua Bisnis

- Jumat, 9 Juni 2023 | 13:31 WIB
Behind the scene podcast JPP Talk Episode 3 antara Ricky Afrianto, Global Director PT Mayora Group dengan Bimo Aditya, Manager Marketing Promedia. (Dok. Promedia)
Behind the scene podcast JPP Talk Episode 3 antara Ricky Afrianto, Global Director PT Mayora Group dengan Bimo Aditya, Manager Marketing Promedia. (Dok. Promedia)

Hulondalo.id - Global Director PT Mayora Group, Ricky Afrianto membagikan 'Key Success' atau kunci sukses cara penetrasi konsumen dalam bidang marketing.

Kunci sukses penetrasi konsumen yang cocok untuk semua lini bisni ini disampaikan Ricky Afrianto di JPP Talk Episode 3.

Pada podcast ini, Ricky Afrianto yang dipandu oleh Manager Marketing Promedia, Bimo Aditya berbagi pengalamannya mengembangkan Mayora Group sebagai brand Fast Moving Consumer Good (FMCG) Indonesia yang go internasional.

Baca Juga: 5 Cara Jualan Online untuk Pemula dari Awal Hingga Berhasil

Salah satu brand Mayora yang kerap kali lalu-lalang di kancah internasional, baik dari sisi brand maupun produk yakni permen kopi Kopiko.

Sudah berulang kali produk tersebut tayang di beberapa episode Drama Korea hingga iklan di luar negeri. Ini merupakan sebuah prestasi membanggakan mengingat produk Kopiko berasal dari Indonesia.

Atas kerja kerasnya dalam mengembangkan Mayora Group menjadi salah satu FMCG Indonesia yang go Internasional, Ricky Afrianto mendapatkan anugerah SWA pada tahun 2019 silam, ia menempati urutan 13 dalam daftar 100 SWA.

Pria yang gemar bermain voli ini mengatakan setidaknya ada 3 key success factor untuk penetrasi konsumen dalam bidang marketing khususnya di Mayora Group yang juga bisa digunakan di lini bisnis lain guna menjadikan konsumen bukan pembeli pertama dan terakhir produk, yakni quality(kualitas), efficiency(efisiensi), dan innovation(inovasi).

Selain itu, Ricky juga menyebutkan bahwa sebenarnya kualitas perusahaan Indonesia tidak kalah bersaing dengan negara lain. Yang jadi permasalah utama menurutnya adalah persepsi saat perusahaan Indonesia masuk pasar luar negeri.

"Karena kita tadi sudah nyebutin quality, efficiency, dan innovation itu kan penting banget. Sebagai perusahaan Indonesia, kita ternyata kualitasnya ga kalah kok sama negara lain. Kebanyakan kita kalo masuk pasar luar negeri, kita merasa produk kita ini inferior. Nah itu sesuatu persepsi yang salah", ujarnya.

Selain berbicara terkait key success factor guna penetrasi konsumen, Ricky juga bercerita bahwa konsumen tidak bisa dibohongi.

Menurutnya, jika key success factor dijalankan dengan baik namun konsumen merasa produk yang ditawarkan tidak sesuai maka ia tidak akan pernah kembali lagi menjadi pelanggan produk kita.

"you never cheat the consumer, gak bisa bohongi konsumen. Karena kalau mereka makan produknya tapi rasanya atau kualitasnya ga oke, ga akan repeat. Nah apalagi di dunia bisnis, kalo konsumen ga repeat, kita tewas deh", ungkapnya.

Sejalan dengan hal itu, Bimo Aditya selaku Manager Marketing Promedia menanggapi terkait hal tersebut. Bahwasanya konsumen sebenarnya tahu kualitas suatu produk mulai dari produksi sampai distribusi.

Halaman:

Editor: Rizki Ibrahim

Tags

Artikel Terkait

Terkini

CTR Kosmetik Resmi BPOM Siap Edarkan Produk

Jumat, 7 Juli 2023 | 16:29 WIB
X