Metode Open Pit Mining Aman untuk Masyarakat Sekitar Tambang Gunung Pani

- Selasa, 25 Oktober 2022 | 13:37 WIB
Wakil Presiden PT Merdeka Copper Gold Tbk., Simon James Milroy bersama Bupati Saipul Mbuinga saat meresmikan pembukaan jalan menuju lokasi pertambangan, beberapa waktu lalu.
Wakil Presiden PT Merdeka Copper Gold Tbk., Simon James Milroy bersama Bupati Saipul Mbuinga saat meresmikan pembukaan jalan menuju lokasi pertambangan, beberapa waktu lalu.

Hulondalo.id - Metode pertambangan Open Pit Mining atau metode pertambangan terbuka dipastikan aman untuk masyarakat sekitar tambang gunung Pani, Kabupaten Pohuwato.

Sebagaimana diketahui metode tersebut adalah metode yang dilakukan di dunia pertambangan dengan cara mengeluarkan tanah penutup untuk proses ekstraksi.

Setelah itu, akan ada metode blasting atau peledakan. Metode ini pun dipastikan aman untuk masyarakat sekitar lokasi tambang.

Hal tersebut diungkapkan oleh Wakil Presiden PT Merdeka Copper Gold Tbk., Simon James Milroy sesaat setelah pembukaan pengerjaan jalan tambang, beberapa waktu yang lalu.

"Jadi tahap awal kami akan mengupayakan doser dan excavator dulu. Jadi puncak gunung itu dipotong pakai excavator dulu, begitu sudah ketemu dengan batunya baru kita akan blasting, tentu akan terdengar tapi tidak akan membahayakan hanya terdengar," ujar James yang sudah diterjemahkan ke bahasa Indonesia.

James kemudian menjelaskan, bahwa ketika pit sudah membentuk lobang, maka tingkat bunyi dari ledakan tidak akan terdengar lagi. Karena lobang tambang yang akan mengurangi dampak bunyi dari ledakan.

Sementara itu, untuk getaran akibat dari blusting itu sendiri juga dipastikan aman. Karena pihak perusahaan akan mengatur sedemikian rupa sehingga tidak melebihi ambang batas vibrasi atau Ground Vibration (getaran tanah).

"Peledakan itu sendiri akan diatur sedemikian rupa, sehingga tidak akan melebihi ambang batas vibrasi, bunyi dan segala macamnya, tidak akan melampaui batas itu. Jadi sudah diukur dampaknya tidak akan membahayakan," pungkas Simon. (azhar)

Editor: Muhamad Azhar Badiu

Tags

Terkini

Pani Gold Project Gandeng PMI Bantu Penuhi Stok Darah

Kamis, 26 Januari 2023 | 22:20 WIB
X