Purna Bakti ASN Bukan Akhir dari Segalanya, Sekda: Tetap Produktif

- Jumat, 11 Februari 2022 | 21:45 WIB
Foto bersama Sekda Provinsi Gorontalo, Darda Daraba usai membuka pembekalan bagi PNS yang akan memasuki masa purna bakti di lingkungan Pemerintah Provinsi Gorontalo.
Foto bersama Sekda Provinsi Gorontalo, Darda Daraba usai membuka pembekalan bagi PNS yang akan memasuki masa purna bakti di lingkungan Pemerintah Provinsi Gorontalo.

-
Foto bersama Sekda Provinsi Gorontalo, Darda Daraba usai membuka pembekalan bagi PNS yang akan memasuki masa purna bakti di lingkungan Pemerintah Provinsi Gorontalo. Hulondalo.id - Sekda Provinsi Gorontalo, Darda Daraba mengatakan bahwa, masa pensiun atau purna bakti bukanlah akhir dari segalanya. Dia meminta kepada ASN lingkup Pemerintah Provinsi Gorontalo yang akan memasuki purna bakti, untuk terus aktif dan produktif dengan berbagai aktivitas positif. “Setelah kita purna bakti bukan berarti sudah selesai tetapi dengan pengalaman tugas sebelumnya bisa menjadi modal kita untuk sukses di masa depan,” ucap Sekda Darda saat membuka pembekalan bagi ASN yang akan memasuki masa purna bakti di lingkungan Pemerintah Provinsi Gorontalo di Mangrove Eco Resort Pohuwato, Jumat (10/2/2022). Sekda Darda mengungkap, masa pensiun adalah hal biasa yang akan dialami oleh seluruh ASN, dalam rangka memberikan estafet pengabdian pada generasi selanjutnya. Meski demikian, masih ada ASN yang belum siap menghadapi masa pensiun. Untuk itu dukungan motivasi dan pembekalan perlu diberikan agar, para calon pensiunan bisa produktif dan siap menjalani masa pensiun. “Karir kita jangan hanya sampai di sini, jangan berkecil hati bahwa purna bakti itu bukan hal yang harus kita takuti tetapi ini menjadi peluang bagi kita semua. Kita punya pengalaman kediklatan bisa diimplementasikan baik untuk bersosialisasi dengan masyarakat maupun untuk berbisnis,” ujar Darda. Selain itu Darda juga mengingatkan ASN yang memasuki purna tugas, agar menyiapkan segala bentuk administrasi sehingga hak hak bisa diterima. Sementara itu, Kepala Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Gorontalo Zukri Suratinojo menyampaikan bahwa, ASN yang akan memasuki purna bakti periode Mei 2022–Desember 2023 ada 168 ASN. Para ASN diberikan pembekalan berkaitan dengan tabungan hari tua, dan termasuk memberikan gambaran langsung bagaimana berwirausaha dan menggali potensi sesuai keahlian masing-masing. Diharapkan dengan adanya pembekalan ini, ASN yang purna tugas bisa lebih siap memasuki masa pensiun. “Untuk itu, kami sengaja mengundang narasumber yang berasal dari pensiunan ASN yang biasa biasa saja tetapi sukses setelah pensiun agar bisa memotivasi bapak ibu,” ujar Zukri. Pembekalan bagi ASN ini merupakan program rutin yang dilaksanakan setiap tahun oleh Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Gorontalo. (Adv)

Editor: Administrator

Tags

Terkini

X